Skip to main content

Kliping Globalisasi

BERITA 1
Selasa, 23/02/2010 16:29 WIB
Cegah Cyber Crime, Polri Gandeng Facebook dkk
Didit Tri Kertapati - detikNews

Cegah Cyber Crime, Polri Gandeng Facebook dkk



Jakarta - Maraknya kasus pembobolan ATM menggunakan teknologi informasi membuat Polri berbenah. Perusahaan penyedia jasa teknologi informasi pun digandeng untuk mencegah kasus cyber crime.

"Kesiapan Polri dalam rangka mengantisipasi maraknya aneka kejahatan cyber crime antara lain dengan kerjasama degan perusahaan information technology, seperti Microsoft, Google, Facebook dan Yahoo," ujar Kapolri Jenderal Polisi Bambang Hendarso Danuri.

Hal ini disampaikan Kapolri dalam rapat kerja dengan Komisi III DPR RI di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (23/2/2010).

Polri juga menjalin kerjasama dengan institusi pemerintahan terkait. "Membangun kerjasama sinergis dengan pihak terkait seperti Depkominfo, provider pengusaha warnet dan akademisi," jelas jenderal bintang empat tersebut.

Polri juga membagun kerjasama dengan instiusi kepolisian diluar negeri serta memanfaatkan jalur yang bisa mengembalikan buronan polri yang berada di luar negeri.

"Memanfaatkan ekstradisi dan mutual legal assistance terkait dengan pelaku dan asetnya di luar negeri," tandas pria kelahiran Bogor tersebut.

(ddt/nrl)



BERITA 2
Senin, 15/02/2010 18:25 WIB
Mabes Polri Tahan 2 Tersangka Baru Terkait Pembobolan ATM
Novi Christiastuti Adiputri - detikNews

Mabes Polri Tahan 2 Tersangka Baru Terkait Pembobolan ATM
Jakarta - Mabes Polri menahan 2 tersangka baru terkait kasus pembobolan ATM pada beberapa bank di Jakarta dan Bali. Mereka yang berasal dari kalangan luar bank tersebut bertugas memasang skimmer dan membuat kartu kredit palsu.

"Mabes menahan 2 tersangka baru untuk kasus di Bali dan sekitarnya yaitu Agus Black Sweet, untuk kasus di Jakarta ditangkap Hasan Gunawan alias Yulius Ardan alias Anton," ujar Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Edward Aritonang dalam jumpa pers di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jakarta Selatan, Senin (15/2/2010).

Dikatakan Edward, tersangka Agus yang ditangkap di Tuban, Jawa Timur, pada 8 Februari 2010, bertugas sebagai pemasang skimmer dan penarik uang di mesin ATM. Sedangkan tersangka Hasan yang ditangkap pada 6 Februari 2010, berperan sebagai pembuat kartu kredit palsu.

Dari tangan Agus, polisi berhasil menyita beberapa barang bukti, seperti mesin laminating kartu, mesin hot stamping, mesin card maker untuk membuat kartu palsu, mesin inprinter untuk mencetak kartu palsu, mesin magnetik reader, plat baja, laptop, alat untuk membuat kamera tersembunyi, dan sejumlah uang dari tersangka.

Edward memaparkan, dari total 45 tersangka, pihak kepolisian berhasil menangkap 36 orang. Sedangkan 9 orang lainnya masih dalam pengejaran, yaitu Henry, Siswanto, Marinov, Agus Suwondo Al Black Pit, Willy, Tendy Chandra, Yosep Chandra, Ronald, dan Pandu.

"Dari 9 DPO, ada 4 orang terindikasi berada di luar negeri," tuturnya.
(nvc/gah)




BERITA 3
Rabu, 10/02/2010 23:37 WIB
Rekonstruksi Pembobolan ATM Ricuh
E Mei Amelia R - detikNews

Rekonstruksi Pembobolan ATM Ricuh

Jakarta - Rekonstruksi pembobolan ATM modus konvensional di lantai 5 Pasar Pagi, Jakarta Barat berakhir ricuh. Kericuhan terjadi antara penyidik dan petugas sekuriti ISS Pasar Pagi, Jakarta Barat.

Awalnya, rekonstruksi yang dimulai pukul 17.30 WIB itu berlangsung aman. Situasi di mal itu pun sudah sepi dari pengunjung. Bahkan toko-toko di lantai 5 sudah tutup dan ATM BCA pun sudah offline.

Namun setelah proses rekonstruksi selesai, tiba-tiba Supervisor ISS, Alimudin datang dan mempersulit proses rekonstruksi. Alimudin merasa keberatan karena pihak polisi dan bank BCA, menurutnya tidak memberitahukan ke pihak pengelola gedung terlebih dahulu.
 
"Seharusnya bapak kasih tahu ke kita dong, ke pengelola. Bagaimana kalau ketahuan media?" kata Alimudin dengan nada tinggi kepada anggota Identifikasi Polda, di lokasi, Rabu (10/2/2010).
 
Padahal, penyidik sudah menginformasikan hal tersebut ke Sunardi. Namun, rupanya Sunardi salah menginformasikan hal itu ke Alimudin.

"Kalau terjadi sesuatu di sini kan itu tanggung jawab kami pak," kata Alimudin masih dengan nada yang meninggi.

Danang kemudian mencoba menengahi percekcokan itu dan meminta maaf.

"Kalau bapak merasa sebagai petugas pengamanan, kenapa bisa ATM di sini bisa kecolongan?" tanya AKP Danang dengan tenang.

Namun, setelah Danang menjelaskan kepentingan rekonstruksi itu, percekcokan kedua pihak baru mereda. Pihak sekuriti dan penyidik pun berdamai.

Rekonstruksi ini sedianya dilakukan oleh 5 tersangka Dedi (22), Eko (23), Badrun (22), Fuat (23) dan Risky (25). Dalam prakteknya, pelaku yang masih  buron, AT, masuk ke belakang mesin ATM dengan cara mencongkel gembok pintu belakang mesin.

Sementara kelima tersangka bertugas mengintip PIN dan mengawasi ATM. Setelah ATM didapat, AT yang berada di belakang mesin ATM, keluar di saat gerai sepi.

Badrun kemudian bertugas mengambil uang melalui ATM bank yang berbeda. Satu hari, tersangka mengaku hanya melakukan satu kali aksinya itu.

"Sekali dapat juga paling ambil Rp 3 juta. Soalnya limitnya juga kan cuma Rp 5 juta sekali ambil. Habis itu, ATM nya diblokir," kata Badrun.

Sementara itu, Danang mengimbau masyarakat agar berhati-hati selama bertransaksi di ATM. "Sebisa mungkin proteksi saat memasukkan PIN," tandas Danang.

(mei/asp)




BERITA 4
Pembobolan Rekening Nasabah
Polisi: Ada Dua Jaringan yang Bermain di Bali
Didit Tri Kertapati – detikNews


Polisi: Ada Dua Jaringan yang Bermain di Bali

Jakarta - Polisi telah menahan 37 tersangka terkait pembobolan rekening nasabah bank. Ternyata dari beberapa pelaku, dua diantaranya merupakan pemain di Bali namun berbeda jaringan.

"Di Bali ada dua jaringan. Satu jaringan F, satu jaringan S," ujar Direktur Krimsus Bareskrim Polri Brigjen Pol Raja Erisman di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jakarta, Jumat (5/2/2010).

Menurut Erisman, F tidak bermain di ATM namun di kartu kredit. Sementara itu, S merupakan pemain ATM dengan alat skimmer.

"S pemain ATM yang beraksi sekitar satu tahun. Dia punya anggota belasan dan sudah ditangkap tujuh. Sekali menarik sampai Rp 540 juta," jelas jenderal bintang satu tersebut.

Jaringan F beranggotakan DI, YB, AS. Sedangkan S jaringannya antara lain RS dan sebelas anak buahnya.

(ddt/nik)




BERITA 5
Jumat, 05/02/2010 10:51 WIB
Supervisor BCA Diciduk
Polri Usut Kaitan AS dengan Pembobolan Kartu Kredit
Didit Tri Kertapati - detikNews


Supervisor BCA Diciduk
Polri Usut Kaitan AS dengan Pembobolan Kartu K
redit


Jakarta - Mabes Polri menahan satu orang supervisor Bank Central Asia (BCA) cabang Bandung berinisial AS dalam kaitan pembobolan rekening nasabah. Polri pun mengembangkan kemungkinan AS melakukan kejahatan serupa terhadap kartu kredit.

"Yangbersangkutan kan di card centre tentunya pembobolan bukan ATM saja tapi yang ditangani juga kartu kredit. Ini berkembang terus dan polisi masih diselidiki," ujar Kabareskrim Mabes Polri Komjen Pol Ito Sumardi, di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (5/2/2010).

Menurut Ito, pengungkapan keterlibatan AS dimulai saat adanya laporan nasabah. Setelah diselidiki polisi menemukan kejanggalan yang kemudian mengarah ke AS.

"Dari laporan korban dikembangkan lalu mengarah ke dia," jelas jenderal bintang tiga tersebut.

AS ditangkap Mabes Polri pada Sabtu 30 Januari lalu.
(ddt/irw)

Comments

Popular posts from this blog

Isu dan Permasalahan Remaja serta Implikasinya dalam Pendidikan

BAB I PENDAHULUAN A.   LATAR BELAKANG Remaja seringkali dianggap sebagai kelompok yang “aneh”, karena dalam kehidupannya kelompok ini sering menganut kaidah-kaidah dan nilai-nilai yang berbeda atau bertentangan dengan kaidah-kaidah dan nilai yang dianut oleh orang dewasa terutama orang tuanya.  Dilihat dari demensi usia dan perkembangannya, nampak bahwa kelompok ini tergolong pada kelompok “tradisional” (masa peralihan) dalam pengertian remaja merupakan decade yang bersifat sementara yaitu rentang waktu antara usia anak-anak dengan usia dewasa, sehingga bisa dipahami bahwa pada setiap periode transisi selalu ada gejolak dan badai yang menyertai perubahan.  Dan masa transisi ini pulalah yang mengakibatkan remaja setelah mengalami gejolak dalam mencari identitasnya, meskipun gejolak pada setiap remaja memiliki kuantitas dan kualitas yang berbeda. Perkembangan kepribadian seseorang termasuk remaja merupakan hasil hubungan dan pengaruh timbal balik secara terus menerus antara p

Contoh Makalah Global Warming

BAB I PENDAHULUAN 1.1    Latar Belakang Masalah Pemanasan global adalah naiknya suhu permukaan bumi sebagai akibat naiknya intensitas Efek Rumah Kaca(ERK).  Akibat adanya ERK tersebut, suhu di permukaan bumi naik.  Pengaruhnya, suhu bumi menjadi nyaman bagi kehidupan manusia.  Maka, seandainya tidak ada ERK, suhu rata – rata bumi akan – 18⁰C.  Suhu itu terlalu dingin bagi kehidupan manusia.  Dengan adanya ERK, suhu rata – rata bumi menjadi 34⁰C lebih tinggi, yaitu menjadi 15⁰C.  Jadi, ERK membuat suhu bumi sesuai dengan kehidupan manusia. Namun, dengan adanya  revolusi industry di negara – negara maju pada pertengahan tahun 1880-an, telah meningkatkan penggunaan sumber energy berasal dari bahan bakar fosil (BBF), seperti batu bara, minyak bumi, dan gas alam, sehingga menghasilkan berbagai emisi ke udara.  Maka terjadi peningkatan emisi GRK dari karbondioksida (CO 2 ), metana (CH 4 ) dan nitrous oksida (N 2 O) yang tajam.  Akibatnya, atmosfer bumi diselimuti gas rumah kaca t

PEMERINTAHAN GUSDUR DAN TRANSISI DEMOKRASI DI INDONESIA

Pendahuluan Sangat luar biasa perhelatan politik di Indonesia, ketika dihadapkan pada suksesi kepemimpinan. Sejak berdirinya republik tahun 1945 sampai saat ini, terhitung lamanya kemerdekaan sudah mencapai 57 tahun, bila dirata-ratakan priodisasi pemerintahan selam lima tahun, maka menurut logika sehat akan terjadi suksesi kepemimpinan dengan melahirkan minimalnya 11 pemimpin nasional alias presiden. Namun pada tataran relitas sungguh sangat ironis, selama kurun waktu 54 tahun bangsa yang besar ini hanya dipimpin oleh 2 orang presiden. Presiden yang pertama medapat julukan the founding father dengan memimpin bangsa selama 22 tahun dan presiden kedua yang mendapat anugran bapak pembangunan yang memimpin bangsa selama 32 tahun. Sisa priodisasi kepemimpinan nasional selama 3 tahun terakhir dilakukan tiga kali suksesi kepemimpinan, dengan melahirkan 3 orang presiden. Kondisi semacam ini mencerminkan bangsa Indonesia sebagai bangsa yang memiliki karakter tersendiri dalam mengur